• 7

    Oct

    Oleh-oleh Idul Adha

    Oleh-oleh Idul Adha? Apa itu? Yang kebayang pasti daging sapi, kambing atau kerbau ya? Alhamdulillah tiap tahun saya selalu kebagian daging meskipun tidak tiap tahun saya berkemampuan untuk berqurban. Apakah saat tidak qurban saya lantas antri kupon untuk mendapatkan daging? Nggak. Cukup duduk manis di rumah, panitia masjid di kompleks saya akan datang dari rumah ke rumah untuk membagikan daging pada masyarakat sekitar. Karena memanghasil penyembelihan qurban dibagi 1/3 untuk shohibul qurban, 1/3 untuk sedekah pada fakir miskin dan 1/3 sebagai hadiah. Jadi masyarakat sekitar masjid baik yang mampu maupun tidak mampu pasti akan dibagikan daging qurban. Tapi kenapa ya dari tahun ke tahun selalu saja ada berita yang tidak menyenangkan tentang pembagian daging qurban ini. Seperti para pengan
  • 31

    Aug

    Air Bersih, Warisan Generasi Masa Depan

    Dear my baby girls, Thifa n Hana… Lelapnya tidurmu naaak Memandang kalian yang tertidur pulas membuat Mama sering membayangkan seperti apa kalian lima, sepuluh atau dua puluh tahun yang akan datang? Apakah hidup kalian akan bahagia? Aman, nyaman, dan tenteram? Apa yang Mama wariskan untuk mewujudkan kehidupan seperti itu pada kehidupan kalian kelak? Mama tidak bicara soal harta. Mama yakin harta bisa kalian dapat sendiri nanti. Yang penting Mama sudah membekali kalian dengan pendidikan yang baik dan satu lagi mewariskan bumi yang baik pula. Bumi yang baik? Ya.. Mama suka ngeri nak, melihat fenomena yang terjadi sekarang. Banyak orang yang kesulitan mendapatkan air bersih. Itu salah satunya. Padahal air itu kan sumber kehidupan. Bayangkan hidup kita tanpa air bersih. Kita tidak bis
  • 29

    Mar

    Diet Kantong Plastik Untuk Bumi Lebih Baik

    Diet kantong plastik. Itu yang belakangan intens saya lakukan sebagai wujud kecintaan saya pada rumah. Iya rumah, bumi ini rumah kan, tempat tinggal kita. Plastik merupakan bahan yang sulit terurai dengan tanah. Membutuhkan waktu bertahun-tahun, bahkan ada yang mencapai ratusan tahun. Bayangkan selama bertahun-tahun sampah plastik itu ada dan semakin bertambah setiap harinya. Menurut data dari kementrian lingkungan hidup yang saya baca dari salah satu artikel di internet, Jumlah sampah plastik di Indonesia mencapai sekitar 26.000 ton per hari! (sumber:http://www.bbc.co.uk/) Diet kantong plastik sudah saya jalankan selama beberapa tahun terakhir ini. Sayapun selalu mengajak orang lain untuk melakukannya. Dimulai dari yang terdekat, yaitu keluarga sendiri. Saya bahkan selalu membekali suami
  • 12

    Oct

    Kardus Pengganti Kantong Plastik

    Udah kebiasaan bagi saya membawa kantong belanja ke mana-mana. Ngga cuma satu, kadang dua atau tiga dan beraneka ukuran juga bahan. Ada yang besar, ada yang kecil, ada yang berbahan kain ada juga yang plastik. Dan bukan hanya saya bawa saat diniatkan untuk belanja saja lho. Dalam kesempatan apapun. Bisa aja kan niatnya mau bayar tagihan bulanan eh di jalan nemu penjual buah trus pengen beli. Udah siap kantongan ngga perlu nerima kantong plastik lagi dari penjual. Kantongan belanja ini bukan hanya selalu tersedia di tas saya saja. Saya juga selalu menyiapkannya di tas kerja ayah dengan pesan, “Inget lho kalo mau beli apa-apa pake kantong belanja sendiri” #doktrin. Begitupun dengan di mobil. Tiap kali saya ke pasar atau ke minimarket saya selalu menolak plastik pemberian penjual
  • 8

    Oct

    Bicara Hak Asasi

    Kali ini mau bicara hak asasi… Berat bennerrr… Seringkali kan kita denger orang protes berat saat haknya dilanggar, tapi ketika kewajibannya belum dilaksanakan mah kalem ajah. Kadang ada orang yang memperjuangkan hak asasinya secara “aneh”. Dia ngga peduli kalo hak yang dia perjuangkan itu ternyata telah melanggar hak orang lain secara umum. gambar: google search Contohnya nih ya, orang yang merokok di tempat umum kemudian diprotes orang-orang, ia merasa hak asasinya telah terlanggar. “Lho merokok kan hak asasi saya, wong saya beli rokok juga pake uang sendiri kok, resiko kesehatan juga saya tanggung sendiri. Jadi kalo ngga suka dengan asapnya silahkan anda yang menyingkir.” Hello.. hak anda memang untuk merokok, tapi hak kami juga untuk menghirup u
- Next

Author

Follow Me