Ayo Jadi Inisiator Halal Bihalal

9 Jul 2015

Lebaran sebentar lagi ya… Yang tadinya pada sibuk mikirin acara buka bersama, sekarang topiknya ganti “halal bihalal”. Etapi jangan cuma mikirin itu doang ya, tetep ibadah nomor satu loh.

Saya sendiri juga sudah mulai merencanakan acara halal bihalal sama teman-teman SMA. Di kalangan mereka saya memang dikenal sebagai inisiator alias orang yang selalu berinisiatif ngadain acara kumpul-kumpul. Bahkan beberapa teman suka japri saya nanyain, “Kapan nih kita kumpul-kumpul?” Yaudah atuhlah undang aja temen-temen ke rumah kamu kan jadi ngumpul-ngumpul hehehe.

Beberapa tahun lalu, jaman saya belum punya anak, saya sama temen-temen sampe bentuk kepanitiaan. Acaranya kami selenggarakan di rumah makan, jadi pake iuran. Lama-lama pada males ditunjuk jadi panitia. Iya ribet juga kan udah pada punya anak, akhirnya sempet vakum beberapa tahun acara halal bihalal selepas Idul Fitri ini. Hiks.

Tepat tahun kemarin saya inisiatif lagi ngadain halal bihalal dengan teman-teman SMA. Ngga perlu pake kepanitiaan, biar ngga repot. Saya langsung ajuin aja waktunya kapan, kalo banyak yang setuju, deal langsung di tanggal itu. Soalnya susah juga kan kalo kita mau ngepasin jadwal semua orang. Ada yang baru free di hari keempat, tapi di hari itu ada juga yang ngga bisa karena pas ada reuni keluarga.

Untuk tempat saya ajukan dua usulan. Yang pertama monggo kalau ada yang mau ketempatan, kalo ngga ada kita di resto cepat saji, pesan makanan sendiri bayar sendiri.

Kalo ada yang berbaik hati mau rumahnya ketempatan, saya pake sistem pot-luck, jadi masing-masing bawa makanan dari rumah. Tanpa iuran, tanpa terlalu merepotkan tuan rumah juga. Praktis. Yang terpenting kita bisa ngumpul-ngumpul lagi, saling mengenalkan anggota keluarga masing-masing, dan saling memaafkan.

Nah yang ngga mau ribet sama kepanitiaan halal bihalal bisa meniru cara saya loh. Daripada cuma saling tunggu dan saling tunjuk, “kamu panitianya, kamu, ngga ah kamu aja.” Dan akhirnya… udah masuk bulan Ramadhan lagi hihihi. Mending udah kita aja yang memulai. Ayo jadi inisiator halal bihalal. InsyaAlloh kita mendapat pahala karena sudah menyambung tali silaturahmi.

Dari Abu Ayyub al-Anshari ra, sesungguhnya seorang laki-laki berkata: Ya Rasulullah, ceritakanlah kepadaku amalan yang memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkan aku dari neraka. Maka Nabi saw bersabda:
“Engkau menyembah Allah swt dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi” (HR Bukhari dan Muslim).


TAGS ngaBLOGburit2015


-

Author

Follow Me