Empat Alasan Menggunakan Domain Pribadi

26 Dec 2014

Sewaktu komik Mak Irits menjelang terbit, saya buru-buru membeli domain .com untuk blognya.

Soalnya semua akun socmed Mak Irits termasuk blog bakalan saya cantumkan di komiknya. Jadi sebisa mungkin harus fix lah semuanya sebelum buku terbit. Saya harus memastikan dulu kan kondisi blog setelah ganti domain kayak gimana. Baru bisa mencantumkannya di buku.

Sebelumnya blog Mak Irits masih berembel-embel blogspot. Yang gratis tis, ngga bayar sepeserpun kecuali bayar listrik sama internet tentunya. Kenapa harus saya ubah menjadi dotcom? Kan bayar. Mak Irits kok mau sih yang bayar-bayar? Hahaha.

Sebagai orang yang ngirits bangets, dulu emang saya pernah punya pikiran kayak gitu. Kalo bisa gratis kenapa harus bayar? Toh sama aja, tempat ngeblognya masih sama, cara nulisnya juga. Cuma menghapus embel-embel doang.

Tapi setelah memperhatikan, menimbang, dan menghitung *teteup* akhirnya saya memutuskan untuk membeli domain dengan beberapa alasan:

1. Lebih singkat. Kalo lebih singkat lebih mudah orang ngingetnya. Ngga pake bingung pas mau buka blognya, “Eh tadi blognya di blogspot, wordpress atau blogdetik ya?” Karena lupa ngga jadi doi main ke blog, kehilangan visitor deh!

2. Bayarnya murah kok! Beli domain dotcom untuk digunakan setahun cuma berkisar Rp.100.000. Kalaupun naik turun ngga jauh lah dari angka itu. Kalo dibandungin dengan manfaat yang kita dapat ngga seberapa lah yaa.

3. Banyak dicari. Banyak brand yang mencari blogger untuk mengerjakan job review dengan syarat blognya udah berdomain dotcom. Dan harga sebuah job review jauh lebih besar dari biaya beli domain untuk dimiliki selama setahun lho :)

4. Untuk memperkuat personal branding. Ini yang paling penting. Coba deh bandingkan alamat blog www.makirits.blogspot.com sama www.makirits.com kesannya lebih profesional yang mana? Yang tanpa embel-embel blogspot kan? Saya jadi ingat SMS penipuan yang mengatasnamakan provider, ngasih alamat web tapi ngga pake domain sendiri. Banyak yang komentar, “Mosok provider segede gitu masih pake blog gratisan”. Nah, berarti kalo kita mau dipandang “besar” ada baiknya sewa domain sendiri kan ;)

Jadi jangan ngerasa sayang ngeluarin modal toh demi keuntungan yang lebih besar. Nanti kalau visitor udah banyak, penghasilan juga semakin tinggi, bisa mempertimbangkan untuk sewa hosting sekalian biar tambah profesional. Untuk perusahaan yang menyediakan jasa pembelian domain dan sewa hosting sendiri bisa di googling di internet ya. Ada buanyaak. Salah satunya Qwords.com.

Gimana dengan kamu temans, sudah menggunakan domain pribadi juga untuk memperkuat personal branding?

@rahmiaziza


TAGS keuntungan sewa domain tempat sewa domain dan hosting Qwords


-

Author

Follow Me