Empat Alasan Komentar Blog Tidak Dibalas

25 Dec 2014

Dulu jaman saya belum ngeblog serius, beberapa kali saya mengunjungi blog orang kemudian komen. Biasanya sih karena kesasar waktu googling atau ada yang ngeshare di beranda fesbuk.

Setelah komen seringkali balik ke blog itu ngecek komen saya dibalas ngga ya, soalnya ngga tahu gimana caranya biar ada notifikasi biar tahu kalo komen kita dibalas.

Kalo dibalas ngerasa seneng banget, kalo ngga kadang kecewa tapi mencoba memaklumi.

Sebenarnya apa sih alasan orang tidak membalas komen di blog? Karena sombong? Eits jangan buru-buru menjudge seperti itu. Jujur saya juga ngga selalu membalas komen di blog. Berikut empat alasan saya mengapa komentar di blog tidak dibalas:

1. Belum dibaca. Ya kan blogger juga kerjanya ngga cuma mantengin blog doang. Habis posting dia masih harus masak, beberes rumah, ngurus bocah. Mungkin baru bisa online lagi besoknya atau beberapa hari kemudian. Jadi harap maklum :)

2. Waktu dan kuota terbatas. Mbalesin komen satu-satu itu butuh waktu juga lho. Apalagi kalo komennya ratusan (bukan blog saya pastinya :p) ditambah koneksi ngadat-ngadat. Bikin lamaa. Mau balesin sebagian aja ntar dibilang pilih kasih. Ada yang lebih memilih kunjungan balik aja ke blognya orang yang komen. Kalo pertanyaannya penting banget kadang langsung dibales via inbox.

3. Komennya emang ngga perlu dibalas. Macam komen “setuju”, “tipsnya menarik” terus terang saya suka bingung mau bales apa. Biasanya sih dijawab makasih, tapi kalo ada seribu yang komen kayak gitu (halah kayak blognya rame ae :p)? Kadang sih saya bales sekali aja dibawah semua komen”Makasih yaa semuanyaa”.

4. Kalo dijawab menimbulkan perdebatan yang ngga berkesudahan. Macam tulisan saya yang berjudul “Toleransi Salah Kaprah“. Banyak banget komen yang mengejek dan ngga enak dibaca. Awalnya saya mau balas, tapi saya pikir percuma. Orang kayak gitu mau dijawab kayak gimanapun ya pasti tetep kekeuh sama pendapatnya apalagi cara menyampaikannya aja udah kasar banget. Jadi biasanya saya biarin aja atau kalo ngga males bikin postingan baru untuk membahas itu.

Nah itulah empat alasan saya jika tidak membalas komentar di blog. Kamu punya alasan lain, monggo ditambahkan :)

@rahmiaziza


TAGS empat alasan komentar blog tidak dibalas membalas komentar di blog


-

Author

Follow Me