Oleh-oleh Idul Adha

7 Oct 2014

Oleh-oleh Idul Adha? Apa itu? Yang kebayang pasti daging sapi, kambing atau kerbau ya?

Alhamdulillah tiap tahun saya selalu kebagian daging meskipun tidak tiap tahun saya berkemampuan untuk berqurban. Apakah saat tidak qurban saya lantas antri kupon untuk mendapatkan daging? Nggak. Cukup duduk manis di rumah, panitia masjid di kompleks saya akan datang dari rumah ke rumah untuk membagikan daging pada masyarakat sekitar. Karena memanghasil penyembelihan qurban dibagi 1/3 untuk shohibul qurban, 1/3 untuk sedekah pada fakir miskin dan 1/3 sebagai hadiah. Jadi masyarakat sekitar masjid baik yang mampu maupun tidak mampu pasti akan dibagikan daging qurban.

Tapi kenapa ya dari tahun ke tahun selalu saja ada berita yang tidak menyenangkan tentang pembagian daging qurban ini. Seperti para pengantri yang tidak tertib, balita dan lansia yang pingsan karena berdesakan, dll.

Apa mungkin di dekat tempat mereka qurban tidak ada masjid yang menyelenggarakan penyembelihan. Atau ada, tapi jumlah hewannya kurang? Atau ada yang butuh daging lebih dari sebungkus sehingga mencari di tempat lain? Entahlah, yang jelas ini adalah oleh-oleh Idul Adha yang tidak kita inginkan. Semoga bisa ketemu solusinya agar tak terjadi lagi d tahun mendatang.

Masih ada oleh-oleh Idul Adha lain yaitu ini, jreng-jreng:


koran  bekas alat sholat berserakan

koran bekas alat sholat berserakan

Ah seandainya saja semua orang mau bertanggungjawab terhadap barang bawaan masing-masing. Setelah sholat cukup merapikan koran miliknya sendiri. Melipat kemudian membawanya kembali pulang atau meletakkan di satu titik agar nanti bisa diambil oleh pemulung. Mudah sebenarnya tapi tidak semua orang mau melakukannya.

IngatRasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan”.

Kalau koran berserakan gitu di jalan dimana indahnya? Dan akhirnya saya, Ayah, Thifa, dan satu anak tetangga memunguti koran yang berserakan di salah satu ruas jalan RT kami.


TAGS oleh-oleh idul adha koran bekas sholat id


-

Author

Follow Me