Kardus Pengganti Kantong Plastik

12 Oct 2013

Udah kebiasaan bagi saya membawa kantong belanja ke mana-mana. Ngga cuma satu, kadang dua atau tiga dan beraneka ukuran juga bahan. Ada yang besar, ada yang kecil, ada yang berbahan kain ada juga yang plastik. Dan bukan hanya saya bawa saat diniatkan untuk belanja saja lho. Dalam kesempatan apapun. Bisa aja kan niatnya mau bayar tagihan bulanan eh di jalan nemu penjual buah trus pengen beli. Udah siap kantongan ngga perlu nerima kantong plastik lagi dari penjual.

Kantongan belanja ini bukan hanya selalu tersedia di tas saya saja. Saya juga selalu menyiapkannya di tas kerja ayah dengan pesan, “Inget lho kalo mau beli apa-apa pake kantong belanja sendiri” #doktrin. Begitupun dengan di mobil.

Tiap kali saya ke pasar atau ke minimarket saya selalu menolak plastik pemberian penjual, karena memang udah bawa sendiri dari rumah. Kadang ada penjual yang merasa ini aneh, atau kayak ngga enak hati kemudian bilang, “Mbak di sini ada plastik kok.” Sayapun menjawab bahwa saya memang ingin mengurangi sampah plastik. Semoga ini nyampe ke relung hati mereka yak.

Yang agak susah ketika di supermarket besar yang belum mendukung atau belum tahu akan program go green. Kadang mereka tidak memperboehkan belanjaan dimasukkan ke kantongan sendiri. Alasannya takut bermasalah di depan, disangka nyolong kali ya.

Atau mungkin belanjaan kita banyak banget sehingga ngga muat kalo semua ditarok di kantong belanja yang sudah kita bawa. Kalo saya sih lebih milih belanjaan diwadahi kardus aja. Selain lebih mudah bawanya ngga pating crentel, juga lebih ramah lingkungan, dan satu lagi dus nya bisa dipake untuk wadah barang-barang di rumah. Atau kalo ngga terpake, bisa diloakin kan #pemikiran emak materialistis.

Jadi kardus pengganti kantong plastik bisa jadi pilihan buat kita. Udah jelas banyak keuntungannya. Dukung go green, hijau di bumi, hijau di kantong hihihi.


TAGS Kardus Pengganti Kantong Plastik go green diet kantong plastik ramah lingkunngan


-

Author

Follow Me